Rabu, 30 Maret 2016

Materi Teknik Digital - Sistem Digital

Selamat siang teman-teman, kali ini saya akan sedikit membahas mengenai Sistem Digital.
Berkaitan dengan sistem digital terlebih dahulu kita harus mengetahui tentang representasi bilangan, terdapat 2 jenis representasi bilangan, yaitu:
  1. Analog à kuantitas dinyatakan dengan kuantitas lain yang berbanding lurus dengan kuantitas pertama, dan dapat berubah secara bertingkat pada suatu rentang harga kontinu.
  2. Digital à kuantitas tidak dinyatakan dengan kuantitas sebanding, tetapi dengan simbol berupa digit yang berubah secara diskrit (step by step).
Berbicara tentang sistem digital, sebenarnya kita juga seharusnya mengetahui tentang beberapa sistem lain yang dapat digunakan, yaitu:
  1. Sistem Analog à kombinasi peralatan yang memproses informasi masukan secara analog.
  2. Sistem Digital à kombinasi peralatan yang memproses informasi masukan secara digital.
  3. Sistem Hybrid à kombinasi peralatan yang memproses informasi masukan secara gabungan antara sistem analog dan sistem digital.
Sekuensial Sirkuit:
  1. Komponen Digital à Logika Kombinasi dan Logika Sekuensial.
  2. Flip - Flop à komponen sekuensial dan menjadi komponen utama dalam rangkaian sekuensial dan banyak digunakan sebagai rangkaian memori dalam rangkaian sekuensial.
  3. Memori à suatu bagian yang penting dari sebuah komputer, dapat menyimpan informasi selama waktu yang diperlukan dan sewaktu-waktu informasi tersebut dapat diambil.
Pada bahasan sebelumnya sudah sempat disinggung mengenai untai nalar sekuensial. Yap, untai nalar sekuensial merupakan sebuah untai nalar/sirkuit yang keluarannya tidak hanya ditentukan oleh masukan pada saat itu, tetapi juga oleh masukan sebelumnya, sehingga dalam untai nalar ini kita membutuhkan memori. Jenis dari untai nalar ini:
  1. Multivibrator
  2. Bi Stable Multivibrator
Untuk lebih jelasnya silakan unduh file Sistem Digital untuk mempelajari lebih lanjut.
Semoga bermanfaat.

Selamat belajar, 
dan mari berdiskusi.
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar