Jumat, 01 April 2016

Materi Teknik Digital - Register

Selamat padi teman-teman, kali ini saya akan sedikit membahas tentang Register.
Masih berkaitan dengan materi selanjutnya, Register berasal dari rangkaian Flip-Flop yang digunakan untuk menyimpan beberapa bit data. Rangkaian Flip-Flop digunakan untuk menyimpan 1 bit, sehingga apabila kita ingin menggunakan untuk menyimpan N buah bit maka kita harus menyediakan sederetan dari N buah Flip-Flop, hal ini yang kemudian kita kenal sebagai REGISTER. Oleh karena itu, Register paling sederhana adalah Register yang terdiri dari sebuah Flip-Flop yang mempunyai nilai 1 atau 0.

Register mempunyai beberapa manfaat:
  1. Menyimpan data dalam waktu yang terbatas (Temporary Storage)
  2. Sistem Pencacah (Counter)
  3. Operasi Bilangan
  4. Sistem Penunda Sinyal (Time Delay)
  5. Sistem Pembangkit Sandi (Code Generator)
Kalau kita berbicara tentang Sistem Digital/Rangkaian Logika, pasti kita juga akan membicarakan mengenai Input dan Output. Dalam Register kita mengenal dua buah metode untuk input maupun output, yaitu:
  1. Serial à data masuk/keluar bit demi bit bergantian melewati satu saluran à LBS (bit paling kanan); terdiri dari beberapa cara untuk memasukkan data: Shift Left Register, Shift Right Register, dan Reversible Shift Register
  2. Paralel à data masuk/keluar ke register yang lain pada saat yang sama, sehingga N buah bit akan masuk/keluar bersamaan (serempak)
Berdasarkan cara masuk/keluar data, maka kita dapat membagi atau mengetahui kombinasi apa saja yang memungkinkan dalam Register:
  1. Serial In - Paralel Out à Serial to Parallel Register 
  2. Serial In - Serial Out
  3. Paralel In - Serial Out à Parallel to Serial Register
  4. Paralel In - Paralel Out
Untuk mendalami materi lebih lanjut bisa dipelajari dalam materi TekDig - Register.

Selamat belajar,
dan mari berdiskusi.
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar