Jumat, 19 Februari 2016

Materi Teknik Digital - Pengkodean

Selamat pagi teman2,
Maaf hari senin lalu karena server down maka tugas dan materi saya shared lewat ketua kelas ya.
Materi 3 yang saya shared berisi tentang Pengkodean, termasuk di dalamnya adalah bagaimana menetukan pengkodean dengan menggunakan keluarga 421 maupun keluarga selain 421 (ex: 6311 dengan ralat tabelnya, excess -3, dan 2 out of 5), pengkodean ASCII, dan juga Bit Paritas.

Untuk keterangan yang lebih detailnya, tentunya dapat kalian perhatikan waktu perhatikan waktu kita diskusi di kelas, bagaimana cara mudah mengingat cara pengkodean, dalam setiap pengkodean kita hanya perlu mengganti setiap karakter dengan rangkaian bit yang ditentukan dengan metode yang dipilih, misalkan dengan menggunakan pengkodean 2*421.

Bagaimana kita mengubah rangkaian binner dengan menggunakan kode gray, dan bagaimana tahapan yang dilakukan terdapat dalam materi ini.
Begitu juga dengan bit paritas, intinya bit paritas adalah bit yang kita gunakan untuk mengecek kebenaran suatu kumpulan word yang ditransmisikan. Kenapa harus dicek? Hal ini dikarenakan ketika proses transmisi data terdapat kemungkinan inferensi dari luat, misalkan saja dari debu. Oleh karena itu diperlukan bit paritas untuk mengecek kebenarannya.

Nah untuk lebih lengkapnya lagi, silakan kalian unduh materi pengkodean ini.

Selamat belajar,
dan mari berdiskusi.
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar